JAKARTA – Kampanye yang dilakukan oleh Siti Atikoh Supriyanti, istri dari calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, mendapat pujian dari Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti. Safari politik yang dilakukan Atikoh ke berbagai daerah di Indonesia berhasil meningkatkan elektabilitas pasangan calon Ganjar Pranowo-Mahfud MD.
Menurut hasil jajak pendapat Indonesia Political Expert (IPE), elektabilitas pasangan Ganjar-Mahfud meningkat 4,39%, sementara pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar hanya 4,10% dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebesar 2,82%.
Ray Rangkuti menjelaskan bahwa kampanye yang dilakukan Atikoh dan putra mereka, Muhammad Zinedine Alam Ganjar, yang akrab disapa Alam, memiliki daya tarik tersendiri bagi pemilih, terutama kaum milenial dan Gen Z. “Atikoh hampir setiap hari melakukan kampanye, sementara Alam juga memiliki pangsa pasar sendiri dengan daya tariknya yang menyasar Gen Z,” ujar Ray di Jakarta, Jumat (19/1/2024).
Selain itu, faktor lain yang mendongkrak elektabilitas pasangan Ganjar-Mahfud adalah cara kampanye yang dilakukan Ganjar dengan turun langsung ke daerah, bertemu langsung dengan masyarakat, berdialog, dan bahkan menginap di rumah warga. Hal ini berbeda dari cara kampanye pasangan Anies-Cak Imin dan Prabowo-Gibran.
Ray juga menambahkan bahwa hasil survei IPE menunjukkan bahwa elektabilitas pasangan Ganjar-Mahfud meningkat sebesar 4,39%, sementara pasangan Anies-Muhaimin sebesar 4,10%, dan pasangan Prabowo-Gibran sebesar 2,82%. Survei dilakukan pada rentang waktu 2-16 Januari 2024 dengan jumlah responden sebanyak 2.400 WNI yang memiliki hak pilih, terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT), berusia 17 tahun, dan telah menikah. Survei dilakukan di 416 Kabupaten dan 98 Kota menggunakan metode random purposive dan sampling error 2% dengan tingkat kepercayaan 95%.