Lima Hal Menarik dari Penyerangan Pasukan TNI yang Menghancurkan Markas KKB di Maybrat

Diposting pada

JAKARTA – Lima hal menarik dari penyerangan pasukan TNI yang menghancurkan markas KKB di Maybrat, Papua akan dibahas dalam artikel ini. Mulai dari penemuan barang bukti hingga pengakuan simpatisan aktif kelompok tersebut. Mengutip keterangan resmi dari TNI, pada Senin (29/1/2024), Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti berhasil menguasai markas kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya yang dipimpin oleh Manfred Fatem. Berikut ini adalah lima fakta menarik terkait aksi TNI yang menghancurkan markas KKB di Maybrat.

1. Kuasai Markas KST TPNPB Kodap IV/Sorong Raya

Pasukan TNI berhasil menguasai markas Kelompok Separatis Teroris Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (KST TPNPB) Kodap IV/Sorong Raya yang diketahui sebagai gerakan pimpinan Manfred Fatem. Markas KKB tersebut terletak di Dusun Sagu, Aifat Timur Jauh, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya dan berhasil dikuasai pada Kamis, (25/1/2024).

2. Dilakukan oleh Satgas Yonif 133/Yudha Sakti

Aksi penyerangan markas KKB pimpinan Manfred Fatem dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti yang dipimpin oleh Letkol Inf Andhika Ganessakti atau lebih akrab disapa Letkol Petir. Dalam aksinya, pasukan Satgas Yonif 133/YS dibantu oleh dua tim Mobile Sakti pimpinan Sertu Dega Jandri Folanda dan Serda Dimas Nuhali Pardosi.

3. Misi Sudah Berlangsung Sejak Jauh Hari

Penguasaan markas KKB tidak terjadi secara instan. Sebelumnya, selama berhari-hari, dua tim Mobile Sakti telah melakukan patroli dan ambush di hutan Papua yang jarang dilalui orang. Patroli dan ambush ini dilakukan sejak Minggu, (21/1/2024). Meskipun pasukan KKB berhasil melarikan diri, markas mereka sudah berhasil dikuasai dan dihancurkan.

4. Pengamanan Simpatisan KKB

Setelah berhasil menguasai markas KKB, Satgas berhasil mengamankan dua oknum masyarakat yang diduga terlibat sebagai simpatisan aktif kelompok tersebut. Keduanya mengakui perannya sebagai pengantar logistik untuk KKB.

5. Banyak Barang Bukti Ditemukan

Selain dua oknum masyarakat, Satgas juga berhasil menemukan berbagai barang bukti lainnya, seperti bendera bintang kejora, amunisi, teleskop, solarcell, senter, kartu KIS, charger HP, lensa kamera, ponsel, bahan makanan, obat-obatan, hingga busur dan anak panah.

Itulah lima fakta menarik terkait aksi TNI yang sukses menghancurkan markas KKB di Maybrat, Papua. Dengan adanya penyerangan ini, diharapkan dapat meredam kegiatan kriminal bersenjata di wilayah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *