"Ini Dia Fasilitas yang Didapatkan oleh PNS Perdana yang Hijrah ke IKN, Termasuk Tunjangan Pioneer!"

PNS Pertama yang Pindah ke IKN Mendapatkan Tunjangan Pioneer, Apa Fasilitasnya?

Diposting pada

Jakarta – Pemerintah telah menetapkan kebijakan untuk memberikan tunjangan pioneer kepada aparatur sipil negara (ASN) yang pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Kebijakan ini bertujuan untuk memberikan insentif kepada para ASN yang menjadi pionir dalam pemindahan ibu kota negara.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil dan Reformasi Birokrasi (Men PANRB) Azwar Anas menyatakan bahwa tunjangan ini hanya akan diberikan kepada ASN yang menjadi pionir dalam pemindahan ke IKN. Namun, bentuk dan besaran tunjangan ini masih sedang dibahas dengan Kementerian Keuangan.

“Kita sedang bahas dengan Kementerian Keuangan. Tunjangan ini buat tunjangan mereka yang awal, istilahnya tunjangan pioneer. Ini sedang kita rumuskan,” kata Azwar Anas di Kantor Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, di Jakarta, dikutip Rabu (31/1/2024).

Menurut Anas, tunjangan ini juga akan mempertimbangkan status ASN yang pindah serta keterbatasan akomodasi yang tersedia di IKN. ASN yang masih single akan diberikan sharing room atau berbagi kamar.

Belum ada kepastian kapan insentif ini akan dibagikan, karena masih dalam proses perumusan. Pemerintah sendiri berencana untuk memindahkan 3.246 ASN ke IKN pada tahap pertama yang akan berlangsung dari Juli hingga November 2024. Namun, hanya 1.740 unit hunian yang sudah siap.

Sementara itu, Anas juga mengungkapkan bahwa ada sekitar 250 ribu ASN fresh graduate yang akan dipindahkan ke IKN terlebih dahulu pada tahun 2024 ini.

“Presiden memerintahkan untuk membuat skenario komprehensif dalam pemindahan ASN secara menyeluruh, dan saat ini sedang dalam tahap finalisasi. Pemerintah juga akan memindahkan 250 ribu ASN fresh graduate ke IKN,” ungkap Anas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *