UKI Academic Community Voices Out Stance Ahead of Election: No More Interference!

Sivitas Akademika UKI Menyuarakan Pernyataan Sikap Jelang Pemilu: Tidak Ada Intervensi!

Diposting pada

Universitas Kristen Indonesia (UKI) telah mengeluarkan pernyataan sikap terkait situasi politik yang sedang memanas menjelang Pemilu 2024. Rektor UKI, Dhaniswara K Harjono, menyatakan perlunya mengambil sikap untuk menjaga prinsip-prinsip moral, etika, demokrasi, kemanusiaan, dan keadilan sosial yang saat ini terancam oleh perpecahan bangsa.

Dalam keterangan tertulisnya, Dhaniswara menegaskan bahwa UKI sebagai universitas tetap independen dan tidak ada tekanan dari pihak manapun dalam mengeluarkan pernyataan sikap ini. Ia juga menyinggung pentingnya etika dalam berpolitik, di mana hukum harus dijunjung tinggi namun harus ada etika yang lebih tinggi dari hukum itu sendiri.

Dekan Fakultas Hukum UKI, Hendri Jayadi, menegaskan bahwa hukum harus ditegakkan dan tidak boleh dilanggar. Ia juga menekankan pentingnya transparansi dan keadilan dalam menyelesaikan kasus-kasus yang terkait dengan Pemilu 2024.

Sebagai sivitas akademik, Hendri berharap Pemilu 2024 dapat berjalan lancar dan menghasilkan pemimpin yang dapat membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik, terutama dalam mencapai Indonesia Emas 2045.

Berikut adalah pernyataan sikap yang dikeluarkan oleh Universitas Kristen Indonesia:

1. Menyerukan kepada seluruh masyarakat untuk menciptakan suasana yang kondusif dalam Pemilu 2024, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa.

2. Mengimbau kepada pejabat negara, ASN, TNI, dan Polri untuk selalu menjunjung tinggi sumpah jabatan, etika, moral, dan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi atau golongan.

3. Mendesak untuk menghentikan segala bentuk intervensi dan tindakan yang mengekang kebebasan berekspresi dalam Pemilu 2024.

4. Mengajak seluruh masyarakat dan sivitas akademika untuk mendukung pelaksanaan Pemilu yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, dan rahasia serta jujur dan adil, demi tegaknya demokrasi dan hukum yang berkeadilan sosial berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta memprioritaskan kesejahteraan rakyat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *