“Jokowi Berbagi Pemikiran Setelah Mencoblos di TPS Gambir, Siapakah Pengganti Mahfud MD sebagai Menko Polhukam?”

Diposting pada

Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa ia belum menentukan siapa yang akan menggantikan Mahfud MD sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Hal ini diungkapkan oleh Jokowi setelah ia menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 di TPS 10 Gambir, Jakarta Pusat, pada hari Rabu (14/2/2024).

Meskipun begitu, sebelumnya Jokowi telah menyatakan bahwa ia akan segera menunjuk sosok yang akan mengisi posisi Menko Polhukam tersebut dari kalangan non-partai politik.

Sebelumnya, Mahfud MD telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menko Polhukam karena ia mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden pada Pemilu 2024. Sebagai pengganti sementara, Jokowi telah menunjuk Tito Karnavian, yang saat ini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri, sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menko Polhukam.

Keputusan ini diumumkan melalui Keputusan Presiden atau Keppres Nomor 20/P Tahun 2024 yang ditandatangani pada tanggal 2 Februari 2024 di Jakarta. Keppres ini juga mencakup pemberhentian Mahfud MD dari posisinya sebagai Menko Polhukam.

Sebagai Plt. Menko Polhukam, Tito Karnavian akan menjabat selama Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 sampai adanya pengganti definitif untuk posisi tersebut.

Menurut Jokowi, Tito dipilih sebagai Plt. Menko Polhukam karena ia memiliki pengalaman di Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan saat ini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri. (Antara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *