Mahfud “Ngegas” Terus Bersama Ganjar, Bahas Pelaporan IPW ke KPK atas Kasus Gratifikasi

Diposting pada

Calon Wakil Presiden 03 Mahfud Md mengatakan bahwa ia masih sering berinteraksi dengan Ganjar Pranowo. Mereka membicarakan masalah pelaporan Indonesia Police Watch (IPW) yang dilakukan terhadap Ganjar ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

IPW telah melaporkan Ganjar ke KPK karena diduga menerima gratifikasi atau suap berupa cashback dari perusahaan asuransi.

“Saya selalu berkomunikasi dengan Mas Ganjar. Dia merespons dengan tenang,” ujar Mahfud seperti yang dilaporkan oleh Antara pada Kamis (7/3/2024).

Ganjar juga telah menanggapi laporan IPW secara langsung. Mantan Gubernur Jawa Tengah ini dengan tegas membantah tuduhan tersebut.

“Saya tidak pernah menerima pemberian atau gratifikasi seperti yang dituduhkan,” kata Ganjar di Jakarta pada Selasa (5/3).

Laporan IPW sebelumnya melaporkan Ganjar dan Direktur Utama BPD Jawa Tengah periode 2014-2023, yang disebut sebagai S, ke KPK.

Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso mengatakan bahwa laporan tersebut terkait dugaan penerimaan cashback dari perusahaan asuransi. Jumlah uang yang diduga diterima mencapai lebih dari Rp 100 miliar.

“IPW melaporkan dugaan tindak pidana korupsi gratifikasi dan suap yang dilakukan oleh Dirut Bank Jateng S dan pemegang saham utama Bank Jateng, Ganjar Pranowo (GP), yang diduga terjadi sejak 2014 hingga 2023,” ujar Sugeng.

Menurut Sugeng, perusahaan asuransi tersebut memberikan pertanggungan jaminan kredit kepada kreditur Bank Jateng sebagai bentuk cashback. Bank Jateng kemudian mengendalikan cashback tersebut sebesar 16 persen dari nilai premi, yang diduga dialokasikan ke tiga pihak.

“Sebesar 5 persen untuk operasional Bank Jateng, 5,5 persen untuk pemegang saham Bank Jateng yang terdiri dari pemerintah daerah dan kepala daerah, serta 5,5 persen diberikan kepada pemegang saham pengendali Bank Jateng yang diduga adalah Kepala Daerah Jawa Tengah dengan inisial GP,” jelas Sugeng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *